erer

on .

SEJARAH TERBENTUKNYA

 

PENGADILAN TINGGI AGAMA MALUKU UTARA

 

 

 

Dengan terbentuknya Provinsi Maluku Utara dan semakin berkembangnya pembangunan di wilayah Provinsi Maluku Utara, khususnya di bidang hukum pada waktu itu telah sampai pada tahap yang menghendaki perlunya peningkatan pelayanan hukum melalui pengembangan perangkat peradilan. Pengembangan perangkat peradilan tersebut menjadi sangat strategis dan mempunyai posisi sentral, jika dikaitkan dengan upaya peningkatan pemerataan kesempatan untuk memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat di wilayah Provinsi Maluku Utara.


Akan tetapi, pada waktu itu Provinsi Maluku Utara belum memiliki pengadilan tinggi agama tersendiri dan masih menjadi satu dengan Pengadilan Tinggi Agama Ambon, untuk lebih meningkatkan pelayanan hukum bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah Provinsi Maluku Utara serta mewujudkan tata peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, dinilai sudah saatnya membentuk Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara di wilayah Provinsi Maluku Utara. 

 

Awal terbentuknya Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara bermula dari Undang Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2005 tanggal 19 Oktober 2005 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara. 

Dengan dikeluarkannya Undang Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2005, maka Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara berkedudukan di Ibu Kota Provinsi Maluku Utara di Sofifi, dimana sebelumnya PTA Maluku Utara masih berkantor di Ternate. 

Daerah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara meliputi wilayah Provinsi Maluku Utara dan seluruh Pengadilan Agama di wilayah Provinsi Maluku Utara merupakan Pengadilan Tingkat Pertama dari Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara yang meliputi 4 Pengadilan Agama di 4 Kabupaten/ Kota diantaranya yaitu :

 

  1. Pengadilan Agama Ternate, berada di Kota Ternate.

  2. Pengadilan Agama Soasio, berada di Kota Tidore Kepulauan.

  3. Pengadilan Agama Morotai, berada di Kota Tobelo Halmahera Utara.

  4. Pengadilan Agama Labuha, berada di Pulau Bacan, Kota Labuha Halmahera Selatan.

 

Pada Tahun 2006, tepatnya tanggal 18 April 2006 M bertepatan dengan tanggal 19 Rabiul Awal 1427 H, gedung kantor Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara diresmikan pengoperasiannya oleh Ketua Mahkamah Agung RI Bapak Prof. Dr. Bagir Manan, S.H., MCL.

Sesuai Undang Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005 yang mulai berlaku tanggal 3 April 2006. Maka sejak saat itu, Hari Ulang Tahun Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dirayakan setiap tahun pada tanggal 3 April.

 

Alamat Kantor

PENGADILAN TINGGI AGAMA MALUKU UTARA

Jl. Raya Kilometr 40 Desa Balbar Kec. Oba Utara - Sofifi

Telp. 0921-6121929 Fax: 0921-6121929

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor