PTA Maluku Utara

Bapak Subuki,  Memimpin Dengan Senyum

Begitu hasil Rapat Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Hakim diumumkan pada tanggal 24 Januari 2022, ada perasaan “sedih” di kalangan ASN Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara. Betapa tidak, salah seorang yang ikut promosi dan mutasi adalah YM Bapak Subuki (Ketua PTA Maluku Utara) yang dipindahtugaskan menjadi Ketua PTA Palu, Sulawesi Tengah.

Keberadaan beliau di PTA Maluku Utara relatif singkat, hanya sekitar 7 bulan. Karenanya, kepindahan beliau ke Palu tersebut sangat “mengagetkan” para ASN PTA Maluku Utara. Mereka masih ingin bersama beliau lebih lama lagi, karena keramahtamahan beliau membuat para ASN merasa nyaman dalam melaksanakan tugas. Dalam memimpin, beliau tidak pernah marah dan tidak pernah menyalahkan anak buah. Beliau pribadi yang santun dan terkadang suka bercanda untuk mencairkan suasana, sehingga diantara ASN ada yang bilang: “beliau memimpin dengan senyum”.

Pagi Sabtu (5/2/22) merupakan hari terkahir beliau di Sofifi. Tepat pukul 08.00 pagi beliau menuju Kota Ternate melalui perjalanan laut naik speed boat. Beliau menginap satu malam di Ternate untuk selanjutnya Minggu pagi berangkat ke Jakarta mengikuti prosesi pelantikan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding oleh Ketua Mahkamah Agung RI, pada tanggal 08 Februari 2022.

Para ASN dan keluarga melepas beliau sampai ke Pelabuhan Speed Boat Sofifi dan sebagian lagi  ikut ke Ternate, melepas beliau di Bandara Sultan Babullah. Mereka dengan ikhlas rame-rame naik motor ke Ternate hanya untuk melepas orang yang mereka cintai. Sungguh luar biasa, biaya akomodasi maupun transportasi mereka tanggung sendiri.

Hari Minggu (06/02/22) pukul 07.00 para ASN PTA Maluku Utara dan keluarga sudah berada di Bandara Sultan Babullah, meski pesawat yang akan ditumpangi beliau take off pada pukul 09.15 WIT. Tak lama berselang, yang hadir bukan hanya ASN dari PTA Maluku Utara, tetapi juga dari PA Ternate, suasana Bandara pun ramai oleh keluarga besar peradilan agama.

Sekitar satu jam ngobrol dan diselingi dengan foto bersama, akhirnya beliau pun berpamitan untuk check in didampingi Panitera dan Sekretaris PTA Maluku Utara berangkat ke Jakarta.

Selamat Jalan dan Selamat Bertugas di tempat yang baru, semoga Allah mempertemukan kita di lain waktu.