PTA Maluku Utara

Dua Orang PP PTA Maluku Utara Ikuti Pelatihan Secara Daring

Dua orang Penitera Pengganti PTA Maluku Utara, yaitu Dra. Hj. Jumantan dan Dra. Gamaria Dodungo dipanggil untuk mengikuti Pelatihan Teknis Yudisial Panitera Pengganti Tingkat Banding Peradilan Agama Seluruh Indonesia secara daring.

Pelatihan tersebut diadakan oleh Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, cq. Pusdiklat Teknis Peradilan dengan metode distance learning, yang berlangsung dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 29 Oktober 2021.

Materi yang disajikan antara lain, Kebijakan Mahkamah Agung Tentang Panitera dan Panitera Pengganti dengan nara sumber YM Bapak Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.H.,M.M., Implementasi Inovasi di Peradilan Agama oleh Bapak  Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H., Persidangan Perkara di Tingkat Banding dan Penyusunan BAS oleh YM Bapak Dr. Edi Riadi, S.H.,M.H., Tugas Panitera Pengganti  dalam Membantu Pengawasan dan Pembinaan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah oleh YM Dr. Purwosusilo, S.H.,M.H., Penanganan Pengajuan Upaya Hukum Banding Melalui e-Court oleh Dr. H. Chandra Boy Seroza, S.Ag, M.Ag dan Administrasi Persidangan Perkara Jinayat oleh Drs.H. Darmansyah Hasibuan, S.H.,M.H.

Sebelum mengikuti pelatihan, para peserta harus mengikuti pre test, dilanjutkan dengan mengikuti Pembelajaran Konten Wiki (bahan bacaan) 2 materi dalam sehari, kemudian peserta diwajibkan menjawab pop  quiz setelah selesai membaca bahan/materi yang disampaikan dan menjelang akhir pelatihan, peserta diwajibkan mengikuti Post Test. “Alhamdulillah seluruh peserta yang berjumlah 85 orang dinyatakan lulus, termasuk kami dari PTA Maluku Utara”, kata Dra. Hj. Jumantan (Senin, 1/11/21) kemaren.