PTA Maluku Utara

Hakim Tinggi PTA Maluku Utara Ikuti Pelatihan Sertifikasi Ekosyar

Empat orang Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara mengikuti Pelatihan Sertifikasi Ekonomi Syariah yang diadakan oleh Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI secara online dan klasikal (tatap muka) dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 16 November 2021. Keempat Hakim Tinggi tersebut adalah Drs. H. Aly Santoso, M.H., Drs. H. Mochamad Chamim, M.H., Drs. H. Mashudi, M.H. dan Drs. Suryadi, S.H.,M.H.

Kegiatan dibagi dalam 3 tahapan yaitu, pembelajaran mandiri secara online dilaksanakan dari 18 sampai dengan 29 Oktober 2021, tatap muka (klasikal) dari tanggal 31 Oktober s.d. 11  November 2021 dan bedah kasus (klasikal) dari tanggal 12 s.d. 16 November 2021. Untuk klasikal dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan  (Pusdiklat) Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Materi yang disajikan dalam kegiatan tersebut antara lain, Etika dan Peran Hakim dalam Penegakan Hukum Ekonomi Syariah oleh Dr. H. Ahmad Zairullah, Kapita Selekta Hukum Ekonomi Syariah oleh Prof. Dr. Amin Suma, Eksekusi Hak Tanggungan, Fedusia dan Pembatalan Putusan oleh Dr. H. Amran Suadi, Pegadaian Syariah oleh Dr. H. A. Mukti Arto, Produk dan Jasa Asuransi dan Reasuransi Syariah oleh Dr. H. Purwosusilo, Taflis (kepailitan) Syariah oleh Dr. H. Yasardin, Pasar Modal Syariah oleh H. Irwan Abdalloh, Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Perkara Ekonomi Syariah oleh Dr. H. Domiri, Hukum Acara Ekonomi Syariah (Acara Sederhana selain Eksekusi) oleh Dr. H. Mujahidin, dll.

Di hari terakhir, Pelatihan diisi dengan Post-test dan ujian multiple choice dilanjutkan dengan Rapat Kelulusan dan Penutupan.