PTA Maluku Utara

Halal Bihalal Keluarga Besar PTA Maluku Utara

Meski di Hari Lebaran 1442H lalu sudah diadakan acara “halal bihalal” atau saling memaafkan (dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan) seusai Sholat Iedul Fitri di Mushola Al Mahkamah, namun kegiatan itu hanya terbatas bagi Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara yang tinggal di Kota Sofifi saja. Sedangkan bagi yang pulang ke Ternate dan sekitarnya belum bisa mengikuti kegiatan tersebut. Karena itu pada hari Selasa (18/05/2021) kemarin diadakan lagi kegiatan Halal Bihalal bagi seluruh warga PTA Maluku Utara, termasuk ibu-ibu anggota Dharmayukti Karini Cabang PTA Maluku Utara.

Kegiatan yang berlangsung di aula PTA Maluku Utara itu diisi dengan tausiah Halal Bihalal yang disampaikan oleh Bapak Drs. H.M. Thahir Hi. Salim, M.H. Singkat cerita beliau menyatakan bahwa tradisi Halal Bihalal adalah budaya saling memaafkan setelah Iedul Fitri. “Intinya adalah menjalin silaturrahmi antara sesama”, ujar beliau seraya mengatakan bahwa manusia tempatnya salah dan lupa, sehingga perlu saling memaafkan.

Selanjutnya, pencaramah yang juga menjabat sebagai Hakim Tinggi PTA Maluku Utara tersebut mengatakan, untuk menjaga silaturrahmi diperlukan beberapa cara, antara lain jangan saling memperolok antara sesama, karena bisa jadi orang diperolok lebih baik dari orang yang memperolok. “Jangan pula saling panggil-memanggil dengan gelar yang tidak baik, berprasangka buruk dan jangan mencari-cari kesahan orang lain”, tegas beliau.

Sementara itu, Ketua PTA Maluku Utara, Yang Mulia Dr. H. Insyafli, M.H.I. dalam pengarahannya juga mengatakan bahwa Halal Bihalal ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang selama ini kita rasakan.

Pada kesempatan itu, beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Tim Website PTA Maluku Utara yang semakin hari semakin baik, menunya semakin lengkap, meski belum seratus persen sempurna, namun bila dibanding dengan satu tahun lalu, lompatannya sungguh luar biasa. “Mudah-mudahan hal ini bisa mendorong penilaian yang bagus terhadap penyelenggaraan Zona Integritas di PTA Maluku Utara”, harapnya seraya memerintahkan kepada Sekretaris PTA Maluku Utara agar membuat surat ke seluruh Pengadilan Agama di wilayah Maluku Utara yang isinya mengharuskan seluruh pegawai setiap hari kerja membuka Website PTA Maluku Utara karena di website tersebut memuat informasi penting yang harus segera diketahui oleh seluruh pegawai.

Acara Halal Bihalal yang bertema “Dengan Halal Bihalal kita Tingkatkan Kinerja Aparatur PTA Maluku Utara dalam Meraih WBK” itu diakhiri dengan mushafahah seluruh warga besar PTA maluku Utara, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.