PTA Maluku Utara

Kegiatan “Yasinan” Malam Jum’at di Musholla Al Mahkamah: YANG PERTAMA DAN TERAKHIR

Mungkin banyak yang bertanya tentang judul di atas, apakah kegiatan “yasinan” setiap malam Jum’at yang sudah lama dilaksanakan di Musholla Al Mahkamah PTA Maluku Utara akan berakhir? Tentu saja tidak demikian.

Yang dimaksud “pertama” adalah kegiatan pada Malam Jum’at (08/07/21) tadi merupakan kegiatan “yasinan” pertama yang diikuti oleh YM Ketua PTA Maluku Utara, Drs. H. Subuki, M.H. karena beliau baru dilantik sebagai Ketua PTA Maluku Utara pada tanggal 02 Juli 2021 lalu dan mulai melaksanakan tugas pada tanggal 05 Juli 2021. Kehadiran Pimpinan baru dalam acara nonresmi itu membuat susana terasa berbeda dari biasanya. Pimpinan dan bawahan bergaul dalam satu majelis tanpa “protokoler”, itu membuat hubungan terasa semakin akrab dan penuh kekeluargaan.

Namun di balik suasana yang penuh keakraban itu, di relung hati kami tersimpan kesedihan yang dalam. Betapa tidak, malam itu merupakan malam “terakhir” bagi kami untuk bersama dengan YM Bapak Dr. Chazim Maksalina, M.H. (Wakil Ketua), Drs. H. Arifin, M.H. (Hakim Tinggi), Drs. H. Marwan, M.H. (Hakim Tinggi), Drs. Akhmad Abdul Hadi, S.H., M.H. (Hakim Tinggi) dan Drs. Usman, S.H., M.H. (Hakim Tinggi). Beliau berlima ini merupakan “motor penggerak” dalam pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan di Musholla Al Mahkamah, seperti sholat lima waktu berjama’ah, takmir Ramadhan, sholat Ied, pelaksanaan qurban dan sebagainya. Beliau berlima adalah panutan dan guru kami semua.

Rencananya pada sabtu pagi (10/07/21), beliau berlima akan meninggalkan Kota Sofifi untuk menuju tempat tugas yang baru. Semoga perjalanan mereka senantiasa dalam lindungan Allah, sehat selalu dan selamat sampai tujuan.

Mudah-mudahan, kegiatan malam Jum’at di Musholla Al Mahkamah yang diisi dengan membaca surah yaasin dan surah al mulk itu akan tetap eksis, meski ditinggalkan oleh para penggeraknya, khususnya Pak Marwan sebagai Ketua Takmir Musholla Al Mahkamah dan Pak Arifin yang biasa memimpin pembacaan surah yaasin dan doanya.

Selamat jalan para YM, semoga jerih payah dalam “menghidupkan” kegiatan-kegiatan keagamaan di Musholla Al Mahkamah dicatat sebagai amal sholeh di sisi-Nya. Aamiin (emge)