PTA Maluku Utara

“Menghidupkan” Malam Nishfu Sya’ban di PTA Maluku Utara

Berbeda dengan hari-hari biasa, Minggu malam (28/3) lalu, jamaah Mushalla “Al Mahkamah” Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara mengadakan kegiatan khusus menyambut Malam Nifsu Sya’ban 1442 Hijriyah. Meski cuaca kurang bersahabat karena hujan turun sejak sore, namun hal itu tidak mengurangi semangat para jamaah untuk ikut “menghidupkan” malam yang penuh ampunan itu. Kalau pun jamaah tidak terlalu banyak, itu hanya karena jatuhnya malam nishfu Sya’ban tahun ini bertepatan dengan hari libur, sehingga pegawai PTA Maluku Utara banyak yang pulang ke Kota Ternate dan sekitarnya, sedangkan yang bertahan di Kota Sofifi agak sedikit.

Kegiatan dimulai dengan shalat maghrib berjamaah. Bertindak sebagai imam Bapak Dr. H. Chazim Maksalina, M.H. (Wakil Ketua PTA Maluku Utara), dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin sebanyak 3 kali disertai niat mohon dipanjangkan umur dalam berbuat ibadah, diluaskan rezki yang halal dan ditetapkan iman hingga akhir hayat. Selesai pembacaan surah yasin dilanjutkan dengan doa bersama yang juga dipimpin oleh Bapak Dr. H. Chazim Maksalina.

Setelah doa bersama, disajikan makanan ringan berupa bubur kacang dan berbagai macam roti yang dibawa oleh jamaah. Cuaca terasa dingin karena di luar hujan cukup deras. Namun semangkok bubur kacang yang disuguhkan untuk setiap jamaah cukup untuk menghangatkan suasana.

Shalat Isya berjamaah yang diimami oleh Bapak Drs. H.M. Thahir Hi. Salim, M.H. (Hakim Tinggi PTA Maluku Utara) menutup semua rangkaian kegiatan di malam yang penuh berkah itu.