PTA Maluku Utara

PA Labuha dikunjungi Tim Pembinaan dan Pengawasan dari PTA Maluku Utara

Berdasarkan surat tugas Nomor. W29-A/1147/PS.00/9/2021 tanggal 03 September 2021 maka tim pembinaan dan pengawasan menuju ke Pengadilan Agama Labuha untuk melakukan pembinaan dan tindak lanjut pengaduan masyarakat mulai tanggal 07 s.d 11 September 2021. Tim dipimpin langsung oleh YM. Ketua PTA Maluku Utara (Drs. H. Subuki, M.H.), anggota tim terdiri dari Drs. H. Thahir.Hi.Salim,M.H., (Hakim Tinggi), Drs. Adaming, S.H.,M.H (Hakim Tinggi), H. Jainudin Zaman, S.H., M.H., (Panitera), Abdul Rifai, S.H.I (Sekretaris), dan Kahpi Manilet, S.Ag (Kabag Umum dan Keuangan). Tim pembinaan tiba di Labuha setelah menggunakan transportasi laut kurang lebih 8 -9 jam perjalanan dari Ternate ke Labuha.

Pengawasan rutin/reguler pada Pengadilan Agama Labuha dilaksanakan dalam bentuk pengawasan langsung, yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap para pejabat terkait (penanggung jawab kegiatan) baik dibidang keperkaraan maupun kesekretariatan dengan metode interview dan pemeriksaan dokumen, yang meliputi tindakan sebagai berikut :

  • Memeriksa program kerja
  • Menilai dan mengevaluasi hasil kerja
  • Memberikan saran-saran untuk perbaikan
  • Melaporkan kepada pimpinan PTA Maluku Utara

Pada hari kedua pengawasan, KPTA Maluku Utara menyempatkan diri berkunjung/bersilaturahmi serta meminta dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan dalam meraih predikat WBK.
Tim pengawas kemudia melakukan ekspose hasil pengawasan yang telah dilakukan di Jumat, 10 September 2021. Pada dasarnya secara keseluruhan sudah baik meskipun ada beberapa temuan.
Diakhir pemaparannya, Drs. H. Subuki, M.H menyampaikan terima kasih atas kesediaannya menerima dengan baik Tim Pembinaan dan Pengawasan dari PTA Maluku Utara dalam melaksanakan tugas pengawasan dan acara diakhiri dengan foto bersama.

Selanjutnya KPTA Maluku Utara beserta tim berkesempatan melakukan dialog/silaturahmi dengan Jou Gugu serta masyarakat Labuha di Masjid Kesulatanan Bacan setelah bersama-sama sholat Jum’at. Tim_IT_PTA_Malut

Leave a Comment