PTA Maluku Utara

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional

Selasa 6 April 2021

PTA Maluku Utara, Sofifi

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atas nama Iksan Taher, A.Md. sebagai Pranata Keuangan APBN Tingkat Mahir oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Maluku Utara, Bapak Dr. H. Insyafly, M.H.I., Selasa (06/04/21), diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan Hymne Mahkamah Agung RI dengan dirjen Faizah, S.Ag dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs. Irssan Alham Gafur, M.H.

Ketua PTA Maluku Utara dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik sambal berharap agar jabatan yang dipercayakan ini akan membawa kebaikan untuk diri, keluarga dan instansi.

Menurut mantan Wakil Ketua PTA Banjarmasin ini, suatu jabatan yang diemban adalah amanah yang harus dijaga dan dipelihara. “Amanah itu akan dipertanggungjawabkan kepada atasan maupun kepada Allah, karena itu jangan dicederai”, katanya.

Menurut Ketua PTA, ada dua cara yang dilakoni orang dalam memperoleh suatu jabatan. Cara yang perama, ada yang memperolehnya dengan menjelek-jelekkan dan mengkritik orang lain yaitu dengan mengangkat masalah-masalah negatif yang ada pada orang lain. Setiap hari dia sibuk mencari-cari kesalahan orang, tanpa mengoreksi kekurangan diri sendiri. “Orang seperti ini tidak akan berkembang dan senantiasa akan jalan di tempat”, katanya seraya menambahkan di sisi lain akan menimbulkan kegaduhan dan permasalahan di lingkungan tempat ia bekerja karena yang bersangkutan selalu mencari-cari kesalahan orang lain dan tidak punya waktu untuk melihat kekurangan yang ada pada dirinya sendiri. “Jabatan yang didapat tidak membawa kebaikan bagi dirinya sendiri”,ungkapnya.

Cara yang kedua, lanjutnya, adalah orang yang memperoleh jabatan karena kemampuannya sendiri, ia selalu berusaha mengoreksi kekurangan dirinya, “karena yang tahu akan kekurangan kita adalah kita sendiri”, ujarnya seraya melanjutkan, boleh saja mengkritik orang lain tapi untuk perbaikan, bukan untuk menjatuhkan orang, watawaashau bilhaq watawaashau bishshabr.

Di bagian lain, Ketua PTA Maluku Utara mempersilakan kepada seluruh pegawai untuk berambisi mendapatkan jabatan, tetapi dengan cara-cara yang wajar dan jangan ambisius, dalam arti jangan sampai kita disetir oleh ambisi yang berlebihan, karena kalau sesorang sudah bersifat ambisius, bisa jadi demi mencapai ambisinya itu, ia akan menempuh segala cara yang tidak dibenarkan.

Upacara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua PTA Maluku Utara, Dr. H. Chazim Maksalina, M.H., para hakim tinggi, panitera, para pejabat fungsional dan struktural serta seluruh pegawai PTA Maluku Utara.