PTA Maluku Utara

Prosedur Tata Cara Pengaduan

Dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para  pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dan Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.

Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

A. Secara lisan

  1. Melalui telepon (0921) 6121929 , yakni pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB
  2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara

B. Secara tertulis

Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, dengan cara diantar langsung. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

 

C. Melalui Aplikasi Siwas

  1. Buka situs siwas.mahkamahagung.go.id
  2. Klik tombol “Login”, lalu isikan Username dan Password Anda.
  3. Jika Anda belum terdaftar, klik tombol Register, isikan data diri Anda lalu klik “Simpan”.
  4. Buat Nama Samaran (username) dan Kata Sandi (password) yang anda ketahui sendiriGunakan nama yang unik dan tidak menggambarkan identitas anda.
  5. Perhatikan baik-baik beberapa hal di bawah ini:Semua kotak yang diberi tanda (*) wajib diisi.Pastikan informasi yang diberikan sedapat mungkin memenuhi unsur 4W + 1H (What, Where, When, Who, How)Jika anda memiliki bukti dalam bentuk file seperti foto atau dokumen lain, silahkan dilengkapi di halaman pengaduan.
  6. Pengaduan yang Anda sampaikan akan ditindaklanjuti setelah anda melengkapi proses pengaduan dan menekan tombol konfirmasi pada form pengaduan.

Proses Penerimaan Pengaduan Oleh PTA Maluku Utara

  1. Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2.  Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan  Tinggi Agama Maluku Utara akan  memberikan  tanda  terima,  jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.