PTA Maluku Utara

PTA Maluku Utara Lakukan Pengawasan dan Pendampingan ZI di PA Soasio

Pembangunan Zona Integritas di PA Soasio

1

Tidore – Senin kemarin (08/03/2021) PA Soasio mendapat kunjungan dari PTA Maluku Utara. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pendampingan pelaksanaan Zona Integritas di PA Soasio, sesuai surat tugas Ketua PTA Maluku Utara Nomor : W29-A/411/PS.04/III/2021, tertanggal 03 Maret 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, yang dimulai pada senin (08/03/2021) hingga selasa (09/03/2021) memiliki tim yakni Dr. H. Insyalfi, M.H.I. (Ketua PTA Maluku Utara) sebagai Ketua Tim, Dra. Hj. Biva Yusmiarti, MA (Hakim Tinggi) sebagai Hakim Tinggi Pengawas, Mansur, SH (Hakim Tinggi) sebagai Hakim Tinggi Pengawas, Dr. H. Moh. Faishol Hasanuddin, SH,MH (Hakim Tinggi) sebagai Hakim Tinggi Pengawas,  Abdul Rifai, S.H.I.,(Sekretaris) sebagai Pendamping, dan Rizki Dahlan, SH (Analis Hukum) sebagai Pendamping.

2

Tim pengawasan melakukan serangkaian pengawasan atas pelaksanaan manajemen peradilan, administrasi Kepaniteraan maupun administrasi Kesekretariatan. Selain itu, tim juga melakukan pendampingan atas pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di PA Soasio.

Setelah melakukan rangkaian pengawasan dan pendampingan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas selama dua hari, kemudian tim melakukan ekspos hasil pengawasan.

5

Pelaksanaan ekspos difokuskan di ruang sidang utama PA Soasio dan diikuti oleh pimpinan dan seluruh aparatur PA Soasio. Ekspose dimulai dengan pemaparan gambaran umum kondisi dari hasil pengawasan tim pengawasan, baik yang menjadi temuan maupun yang telah baik. Pemaparan di mulai dari bidang kesekretariatan yang langsung dipaparkan oleh Sekretaris PTA Maluku, Abdul Rifai, S.H.I., yang di mulai dari bagian Kepegawaian Ortala, Bagian Umum dan Keuangan dan bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan.

Setelah pemaparan hasil pengawasan bidang Kesekretariatan, kegiatan ekspose dilanjutkan dengan pemaparan hasil pengawasan bidang manajemen peradilan dan bidang kepaniteraan. Pemaparan hasil pengawasan bidang manajemen peradilan dan kepaniteraan dilakukan Hakim Tinggi PTA Maluku Utara yakni dimulai oleh Mansur, SH (Hakim Tinggi) sebagai Hakim Tinggi Pengawas, Dr. H. Moh. Faishol Hasanuddin, SH,MH (Hakim Tinggi) sebagai Hakim Tinggi Pengawas dan kemudian oleh Dra. Hj. Biva Yusmiarti, MA (Hakim Tinggi) sebagai Hakim Tinggi Pengawas.

3

Selain pemaparan mengenai hasil pengawasan, ekspose kali ini disambung dengan pembinaan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas oleh Ketua PTA Maluku Utara, Dr. H. Insyalfi, M.H.I. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan untuk melaksanakan pembangunan Zona Integritas sebaik-baiknya guna mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

4

 Dalam sesi akhir dilakukan penyerahan laporan hasil pengawasan oleh Ketua PTA Maluku Utara, Dr. H. Insyalfi, M.H.I., kepada Ketua PA Soasio, Dacep Burhanudin, S.Ag,M.HI untuk selanjutnya dilakukan tindak lanjut perbaikan atas temuan. *NR*

Sumber: https://www.pa-soasio.go.id/index.php/berita-seputar-peradilan/775-pta-maluku-utara-lakukan-pengawasan-dan-pendampingan-pelaksanaan-pembangunan-zona-integritas-di-pa-soasio