PTA Maluku Utara

PTA Maluku Utara Melaunching Aplikasi AP2B

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, Dr. H. Insyafli, M.H.I. didampingi Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris me-launching Aplikasi Persidangan Perkara Banding (AP2B) di aula lantai II, Jum’at (18/06/2021) lalu, dihadiri oleh para Hakim Tinggi, pejabat struktural dan  fungsional serta seluruh pegawai PTA Maluku Utara.

AP2B merupakan aplikasi berbasis website yang bertujuan untuk mempermudah Majelis Hakim Tinggi dalam menyelesaikan persidangan perkara banding, dimana sistemnya adalah untuk menyimpan data/dokumen perkara persidangan banding, namun aplikasi ini hanya bersifat internal. Dikarenakan persidangan banding berbentuk musyawarah Majelis Hakim yang bersifat rahasia, maka forum dan anggotanya merupakan majelis yang ditentukan, sehingga anggota majelis yang satu tidak bisa melihat pendapat atau diskusi perkara di luar perkara yang ditanganinya.

Melalui aplikasi ini, anggota majelis yang kebetulan sedang menjalankan cuti atau kegiatan lain di luar kantor, dapat memberikan pendapatnya atau memantau pendapat hakim lainnya, meski ia sedang berada di luar daerah.

Ketua PTA Maluku Utara memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat untuk menciptakan aplikasi ini. “Sesungguhnya menciptakan aplikasi ini tidak gampang, karena PTA Maluku Utara tidak memiliki tenaga ahli di bidang ini, namun dengan bermodalkan keinginan yang kuat, akhirnya aplikasi ini dapat terwujud”, ujarnya seraya menambahkan bahwa aplikasi ini sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan majelis hakim dalam menyelesaikan perkara karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan template BAS (Berita Acara Sidang) dan putusan.

Aplikasi ini digagas oleh Hakim Tinggi PTA Maluku Utara, Drs. H.M. Gapuri, S.H.,M.H. dan dibangun oleh TIM IT Maluku Utara yang dipimpin oleh Muhammad Agus Hayudin, S.Kom.