PTA Maluku Utara

Rapat Koordinasi Pengadilan Agama Sewilayah Hukum PTA Maluku Utara


Sofifi, 12 April 2021

Dengan mengusung tema Mewujudkan Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara Yang Modern Dan Berkelas Dunia”  kegiatan Rapat Koordinasi Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dengan Pengadilan Agama sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 10-12 April 2021.

 Dalam kegiatan yang dibuka secara resmi oleh YM. Dr. H. Insyafli, M.HI, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara pada sambutannya mengingatkan kembali komitmen dan tekad pimpinan Pengadilan Agama sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara untuk mencurahkan segenap pemikiran, usaha dan upaya untuk meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada pembangunan Zona Integritas tahun ini.

YM. Dr. H. Insyafli, M.HI juga mengingatkan pentingnya sinergitas antara Pengadilan Tinggoi Agama Maluku Utara selaku kawal depan (Voorpost) Mahkamah Agung dengan Pengadilan Agama diwilayah hukumnya. Dan meminta pimpinan pada Pengadilan Agama diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara untuk selalu melaporkan progress perkembangan pelaksanaan tugas dan fungsi serta juga pelaksanaan pembangunan Zona Integritas dimasing-masing satuan kerjanya.

Dikesempatan tersebut pula, beliau meminta agar aparatur Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara dan Pengadilan Agama sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara untuk merubah Mindsheet dan Culture Shet untuk mengejar ketertinggalan dari aparatur Pengadilan lainnya, jangan sampai sudah berada diwilayah timur Indonesia menjadikan alasan untuk tertinggal dari lainnya.

Pada Rapat Koordinasi ini telah dihasilkan rumusan hasil pleno masing-masing Komisi Teknis Yustial, Komisi Kepaniteraan dan Komisi Kesekretariatan yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pada satuan kerja masing-masing. Yang mana hasil pleno tersebut tetap mengacu pada aturan yang berlaku dan juga berdasar pada hasil pleno Rapat Koordinasi Ditjen Badilag dengan Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia.

Pada Rapat Koordinasi ini juga disampaikan hasil Training Of Trainer (TOT) Bimbingan Tehnis Kompetensi Hukum Acara Peradilan Agama yang disampaikan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara, Dra. Hj. Biva Yusmiarti, M.A dan kegiatan tersebut diselenggarakan Ditjen Badilag pada tanggal 29 Maret – 1 April 2021.

Pada akhir kegiatan dilaksanakan penyerahan hasil rapat pleno masing-masing komisi oleh Dr. H. Moh. Faishol Hasanauddin, S.H, M.H, Ketua Panita Rapat Koordinasi kepada YM. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara.

****IT-PTA.MU