PTA Maluku Utara

Rapat Pembahasan Panjar Biaya Eksekusi Dan Pedoman Penilaian SIPP

Menindaklanjuti Surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Penyempurnaan Draft Pedoman Penilaian SIPP dan Pengelolaan Panjar Biaya Eksekusi di Lingkungan Peradilan Agama, Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara mengadakan rapat pembahasan kedua masalah tersebut pada hari Rabu (19/05/2021). Rapat yang bertempat di aula PTA itu diikuti oleh para Hakim Tinggi dan para Pejabat Kepaniteraan.

Rapat yang memakan waktu sekitar 2 jam itu dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama membahas tentang Penatausahaan Panjar Biaya Eksekusi di Lingkungan Peradilan Agama yang dipimpin langsung oleh Bapak Ketua PTA Maluku Utara, Dr. H. Insyafli, M.H.I. Dalam sesi ini hampir semua Hakim Tinggi mengemukakan pendapatnya disertai dasar hukumnya. Selanjutnya pendapat itu disaring untuk dijadikan masukan dalam penyempurnaan Draft Keputusan tentang Penatausahaan Panjar Biaya Eksekusi tersebut.

Untuk sesi kedua, rapat dipimpin oleh Wakil Ketua PTA Maluku Utara, Bapak Dr. H. Chazim Maksalina, M.H. yang membahas tentang Pedoman Penilaian SIPP (Sistem Informasi Penulusuran Perkara) di Lingkungan Peradilan Agama. Dalam sesi kedua ini pembahasan tidak se “seru” sesi pertama karena masalah yang dibahas lebih mengarah ke satu sistem yang memang demikian seharusnya. Namun demikian tetap ada  masukan dari para hakim tinggi.

Selanjutnya hasil rapat “digodok” oleh Panitera PTA Maluku Utara untuk  segera dikirim ke Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI di Jakarta.