PTA Maluku Utara

Rapat Persiapan Pelaksanaan Ibadah Qurban

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini ASN Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara juga akan melaksanakan ibadah Qurban yang akan dilaksanakan satu hari setelah Hari Raya Idul Adha 1442H, demikian salah satu kesimpulan dari Rapat Persiapan Pelaksanaan Ibadah Qurban, Selasa (08/06/2021). 

Dalam rapat juga disepakati, bagi peserta yang ikut berqurban dikenakan biaya Rp2.200.000,- perorang (sudah termasuk harga sapi qurban plus biaya operasional) dan sampai saat ini telah terdaftar 21 orang, yang berarti memerlukan 3 ekor sapi. Sementara untuk pendistribusian daging qurban, panitia akan meminta data orang yang tidak mampu ke beberapa kepala desa terdekat agar penyalurannya tepat sasaran.

Ketua PTA Maluku Utara, Dr. H. Insyafli, M.H.I, dalam pengarahannya menyatakan gembira atas adanya peningkatan jumlah orang yang berqurban di tahun 2021 ini. “Kalau tahun lalu hanya 2 ekor sapi, tahun ini menjadi 3 ekor sapi”, ujar beliau sambil berharap agar pelaksanaan nanti berjalan lancar,  perlu diantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi, misalnya keadaan cuaca yang sering berubah-ubah yang tadinya panas, tiba-tiba hujan secara mendadak.

Mantan Wakil Ketua PTA Pontianak dan PTA Banjarmasin ini mengingatkan agar para peserta yang ikut berqurban harus dilandasi dengan niat yang ikhlas karena darah dan daging qurban yang diserahkan itu merupakan perlambang dari ketulusan jiwa. “Daging-daging dan darahnya itu tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya”, ujar beliau mengutip makna dari Al Qur’an surah Al Haj ayat 37.

Rapat yang berlangsung di aula lantai II PTA Maluku Utara itu dipimpin oleh Ketua Panitia, Drs. H.M. Thahir Hi. Salim, M.H., dihadiri oleh Wakil Ketua, para Hakim Tinggi, para pejabat struktural dan fungsional dan seluruh panitia. 

Leave a Comment