PTA Maluku Utara

TIGA HAKIM TINGGI IKUTI PELATIHAN BERKELANJUTAN


Sebanyak
44 orang Hakim Tingkat Banding dari Pengadilan Tinggi Agama  seluruhIndonesia mengikuti Pelatihan Berkelanjutan, 3 orang diantaranya berasal dari PTA Maluku Utara yaitu Dr. Drs. H. Moh. Faishol Hasanuddin, S.H.,M.H., Drs. H.M. Thahir Hi.Salim, M.H. dan Drs. Adaming, S.H.,M.H.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Badan Litbang Diklat Hukum dan PeradilanMahkamah Agung RI dengan sistem online selama dua minggu (16 November s.d.01 Desember 2021). Pembelajaran diselenggarakan dengan dua tahap, yaitu BelajarMandiri melalui E Learing (16 s.d. 22 November) dan Belajar Online Class melaluiZoom Meeting (23 s.d. 01 Desember 2021).

Adapun materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut antara lain, Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim oleh H. Dwiarso Budi Santiarto, Implementasi Inovasi di Peradilan Agama oleh Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H, Kebijakan Mahkamah Agung tentang Hakim Tinggi oleh Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H.,M.Hum.,M.M., TugasPokok dan Fungsi Hakim oleh Dr. H. Uyun Kamiluddin, S.H.,M.H., AdministrasiBanding oleh Dr. H. Amam Fakhrur, S.H.,M.H., Hukum Acara Banding oleh Drs. MohYamin Awie, S.H.,M.H., Teknik Membuat Putusan oleh Dr. H. Yasardin, S.H.,M.H.,Pembinaan dan Pengawasan oleh  Dr. H. Purwosusilo, S.H.,M.H dan Teknik Eksaminasi oleh Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag,M.Ag.

Dalam pelatihan ini juga diadakan diskusi yang  terkait dengan Permasalahan Teknis Yudisial Tingkat Banding dan Praktek Membuat Putusan Banding.